Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Gonjang-ganjing mengenai Jakarta International Stadium (JIS) turut menyeret nama perusahaan ternama asal Inggris, Buro Happold.

Perusahaan konsultan konstruksi itu akhirnya buka suara mengenai polemik JIS yang dinilai tidak sesuai standar FIFA.

Buro Happold mengungkapkan bahwa dalam pembangunan JIS, mereka tidak diminta untuk mendesain stadion yang dibangun era Gubernur Anies Baswedan tersebut.

"Buro Happold diminta untuk meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh pihak lain, yang dalam hal ini adalah konsultan yang ditunjuk Jakkon," pernyataan Buro Happold dalam keterangan tertulis, Minggu 9 Juli 2023.

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold."

Selain tidak terlibat dalam mendesain stadion, Buro Happold juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi JIS.

Pihak Jakarta Konsultindo meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain serta jasa konsultasi dari Desember 2018 hingga Maret 2019.

"Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi," jelas Buro Happold.

Adapun mengenai temuan perusahaan terkait beberapa aspek yang tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold telah disampaikan secara terpisah.

Klarifikasi tersebut dilakukan oleh Buro Happold sebagai penjelasan lebih detail mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam proyek pembangunan JIS.