Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Pembalap Ferrari, Carlos Sainz dan pembalap McLaren, Oscar Piastri gagal menyelesaikan balapan di Grand Prix Belgia pada Minggu, 30 Juli 2023.

Kegagalan itu terjadi ketika Sainz hendak menyerang di tikungan pertama sirkuit Spa-Francorchamps dari sisi luar. Pada posisi itu, Piastri sedang berada di sisi dalam yang membuat mobilnya harus terhimpit mobil Sainz.

Sainz mengklaim bahwa dirinya tidak bersalah dan menyalahkan Piastri pada insiden tersebut.

“Saya sedang menyerang Hamilton pada tikungan awal. Saya rasa saya cukup banyak bergerak hingga saya menerima sedikit kontak di kanan belakang,” kata Sainz usai balapan GP Belgia dilansir dari laman resmi Formula Satu.

“Kalau Anda mau tahu pendapat saya, yaitu kesalahan Oscar yang berusaha melewati berdampingan ke tikungan satu,” tambahnya.

Padahal, Sainz memotong jalur yang mengakibatkan sayap dari Ferrari tersebut menabrak mobil Piastri. Akibatnya, Piastri harus meminggirkan mobilnya dan menyudahi balapan sebelum berhasil mendapatkan satu lap.

Federation International Automobile (FIA) langsung melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden tersebut.

Meskipun pada akhirnya, Sainz diputuskan tidak bersalah. Saat itu juga, Piastri mengungkap kekecewaannya kepada pembalap Ferrari itu.

Sainz berhasil melewati beberapa lap sebelum akhirnya mobilnya harus masuk ke garasi. Kemudian, Sainz diputuskan Do Not Finish (DNF) sebab mobilnya tidak layak dilanjutkan.