Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Gianluigi Buffon disebut akan mengumumkan pensiun pekan ini. Rencananya, dia akan melanjutkan karier sebagai manajer timnas Italia.

Buffon sebenarnya masih terikat kontrak hingga Juni 2024 bersama Parma. Tapi, dia ingin memutus kontraknya lebih cepat.

Ada beberapa alasan di balik keputusan Buffon memilih gantung sarung tangan. Pertama, dia lebih banyak cedera musim lalu. Kedua, Parma gagal promosi ke Serie A.

Buffon sepertinya sudah bulat dengan keputusannya pensiun. Sebab, beberapa tawaran menggiurkan dari Arab Saudi ditolak kiper berusia 45 tahun itu.

Menurut Corriere dello Sport, Buffon akan melanjutkan karier sebagai manajer timnas Italia. Posisi itu lowong setelah Gianluca Vialli meninggal dunia.

Sebelumnya, Vialli menjabat posisi manajer timnas Italia sejak November 2019 hingga Desember 2022. Dia terpaksa meninggalkan posisinya karena sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Buffon memulai kariernya bersama Parma dari 1995-2001. Kemudian, dia menancapkan diri sebagai salah satu kiper terbaik dunia saat bergabung dengan Juventus mulai 2001 hingga 2018.

Sempat satu musim berlabuh di PSG, Buffon kembali ke Juventus di 2019 hingga 2021 sebelum akhirnya kembali ke Parma.

Selama berkarier di Serie A, Buffon mencatatkan 657 penampilan di Serie A, 124 laga di Liga Champions, dan mencatatkan rekor 176 penampilan bersama timnas Italia.

Selama merumput di Serie A, Buffon memenangkan 10 gelar Scudetto, enam Coppa Italia, tujuh Piala Super Italia, dan Piala UEFA.