Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Nama pemain Tottenham Hotspur U-18, Gabriel Han Willhoft King menarik perhatian publik Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

Gabriel Han Willhoft King disebut-sebut merupakan salah satu pemain yang bakal memperkuat Timnas U-17 di Piala Dunia 2023 mendatang.

Namun, kabar buruknya Gabriel Han Willhoft King tidak memiliki paspor Indonesia. Selain itu, butuh waktu yang cukup panjang baginya untuk melalui proses naturalisasi agar bisa memperkuat timnas U-17.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mengonfirmasi bahwa Gabriel Han Willhoft King merupakan salah satu proyeksi pemain untuk timnas U-17.

"Yang enggak memiliki paspor sebenarnya masih bisa. Tapi, pasti ada perhitungan apakah memungkinkan paspornya jadi atau enggak," kata Menpora.

"Jadi, yang penting database udah ada. Dan prinsipnya yang udah masuk database itu bersedia untuk bikin paspor juga," lanjutnya.

Menpora Dito menyebut jika Gabriel Han Willhoft King tidak bisa bermain untuk timnas U-17. Namun, pihaknya berharap ia bisa bermain untuk timnas di even selanjutnya jika berhasil menyelesaikan proses naturalisasi.

"Jadi mungkin kalau tidak bisa dipakai untuk U-17 sekarang, tetap kita bina juga," jelasnya.

Menpora menyebutkan bahwa terdapat 30 pemain diaspora maupun keturunan yang dikirimkan ke PSSI.

Dari 30 nama tersebut, beberapa di antaranya telah dipanggil untuk bergabung dengan timnas U-17.

Antara lain Aaron Liam Suitela, Welber Jardim, Igor Arungbumi Sanders, Althaf Fawwaz Khan, Aaron Nathan Ang, Staffan Qabiel Horrito, Mahesa Ekayanto, dan Madrid Augusta.