Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Tiket semifinal terakhir Piala Dunia Wanita 2023 berhasil diamankan oleh Inggris usai menyingkirkan Kolombia di perempat final, Sabtu 12 Agustus 2023.

Inggris akan berhadapan dengan Australia yang lebih dulu melenggang ke semifinal usai menang dramatis atas Prancis melalui adu penalti.

Lionesses menang 2-1 atas Kolombia. Dua gol Inggris tersebut masing-masing dicetak oleh Lauren Hemp di menit ke-45+6 dan Alessia Russo di menit ke-63.

Ini merupakan kali ketiga Inggris tembus ke semifinal secara beruntun. Sebelumnya, Lionesses mencapai semifinal pada Piala Dunia Wanita edisi 2015 dan 2019.

Pada edisi 2015, Inggris menempati peringkat ketiga usai menang tipis 1-0 atas Jerman. Sementara edisi 2019, Lionesses finis di peringkat keempat di bawah Swedia.

Adapun bagi Swedia, ini merupakan kali kelima mereka tembus ke semifinal Piala Dunia Wanita. Prestasi terbaik mereka adalah runner up edisi 2003 usai kalah dari Jerman dengan skor 1-2.

Sementara itu, kejutan datang dari Australia yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023 bersama Selandia Baru.

Australia sukses menahan Prancis tanpa gol dalam waktu normal ditambah dua kali extra time. Pada adu penalti, Australia menang 7-6 atas Les Bleues.

Kemenangan ini merupakan sejarah baru bagi Australia dan Piala Dunia Wanita. Sebab, ini kali pertama mereka tembus ke semifinal.

Sejarah baru juga diukir oleh Spanyol yang lolos ke semifinal Piala Dunia Wanita untuk kali pertama. Mereka menyingkirkan runner-up edisi 2019, Belanda dengan skor 2-1.