Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Xavi Hernandez dijatuhi sanksi lantaran memprotes wasit utama dalam pertandingan Barcelona kontra Getafe pada pekan pertama LaLiga, Senin, 14 Agustus 2023 lalu yang berakhir 0-0.

Komite Kompetisi Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menjatuhi larangan kepada Xavi untuk tidak mendampingi Barcelona di dua pertandingan ke depan.

Mengutip AS, pelatih berusia 43 tahun itu dinyatakan menurut pasal 127 akibat memprotes wasit Cesar Soto yang saat itu memimpin pertandingan.

“Memprotes kepada wasit utama, asisten atau wasit keempat, asalkan tidak merupakan pelanggaran yang lebih berat, akan dikenakan sanksi skorsing dua sampai tiga pertandingan atau untuk jangka waktu sampai satu bulan,” bunyi pasal yang dilanggar Xavi.

Selain itu, pelatih berpaspor Spanyol itu juga turut mengkritik LALIGA yang kualitasnya menurun akibat keputusan-keputusan kontroversial wasit.

“Jika pertandingan ini adalah produk LALIGA, maka benar-benar memalukan. Saya mengerti, mengapa orang-orang tidak menonton sepakbola Spanyol,” kata Xavi pasca pertandingan Barcelona vs Getafe.

Sanksi tersebut, tidak hanya berlaku bagi Xavi. Namun, Raphinha juga disanksi absen di dua pertandingan Barcelona ke depannya.

Kedua pertandingan itu adalah ketika Barcelona menghadapi Cadiz pada Senin, 21 Agustus 2023 dan kontra Villarreal pada Minggu, 27 Agustus 2023 mendatang.

Alasannya, Raphinha telah melanggar pasal 130 Kode Disiplin RFEF usai menyikut pemain Getafe, Gaston Alvarez dalam kondisi tanpa bola.