Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Federasi Akuatik Indonesia mencetak sejarah dengan menggelar tiga cagang olahraga sekaligus di 45th SEA Age Group Championship 2023. Sebelumnya SEA Age Group Swimming Championship hanya melombakan cabang olahraga renang saja.

Dan untuk kali pertama akan melombakan tiga cabang olaharaga yang akan digelar pada 24-26 Agustus 2023 di Stadion Akuatik GBK. Yakni, renang, polo air dan loncat indah.

"Pembinaan akuatik di Asia Tenggara ingin berkembang pesat, untuk itu tidak hanya renang seluruh negara di Asia Tenggara sepakat untuk melombangkan lebih dari satu cabang olahraga. Dan Indonesia menjadi pelopor sebagai negara pertama yang melombakan tiga cabor yakni renang, polo air dan loncat indah," ucap Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia, Harlin E.Rahardjo dalam rilis Federasi Akuatik Indonesia, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurut Harlin di ajang 45th SEA Age Group Championship akan diikuti oleh delapan negara ASEAN. Yakni, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan Kamboja.

"Indonesia memberanikan diri mengajukan ide terobosan dan ini mendapat support dari negara lain. Semoga ke depannya tidak hanya tiga cabang olahraga, tapi lebih,' ujar Harlin.

"Nantinya akan ada hampir 600 atlet peserta yang akan hadir di Indonesia dengan rincian 410 atlet dari cabang renang. Kemudian 100 peserta polo air dan 65 peserta loncat indah," katanya.

Sekjen PB PRSI, Ali Pratiwi mengatakan, Indonesia memiliki fasilitas kolam GBK standart Asian Games. Sehingga tidak menemui kesulitan untuk melombakan tiga cabor.