Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pada Febaruari 2023, Vindes Sport sempat mengadakan pertandingan eksebisi tenis meja yang ketika itu mempertemukan Desta melawan Abdel. 

Usai pertandingan, Desta sempat mengungkapkan alasan Vindes mengadakan pertandingan eksebisi tenis meja. 

Menurut dia, Vindes mengadakan pertandingan eksebisi tenis meja bertujuan agar pengurus tenis meja di Indonesia tidak larut dalam konflik berkepanjangan. 

"Jangan ribut2 terus hingga mengorbankan atlet2 kita. Mereka butuh kompetisi. Salam damai. Maju terus Tenis Meja Indonesia," tulis Desta lewat akun twitternya. 

Olahraga tenis meja di Indonesia diinduki oleh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). 

Namun dalam 11 tahun terakhir konflik di PTMSI tak kunjung selesai hingga saat ini dan malah sempat muncul tiga kepengurusan dalam satu periode. 

Konflik di federasi membuat hilangnya kejuaraan nasional. 

Indonesia juga sampai tidak memilik wakil di cabang olahraga tenis meja pada SEA Games 2019 dan tak dipertandingkan pada ajang PON Papua 2021. 

Sekitar 1,5 tahun berselang usai laga eksebisi yang diadakan Vindes, tak ada pembenahan apapun di tubuh PTMSI. 

Kondisi tersebut pada akhirnya membuat Komite Olahraga Indonesia (KOI) memutuskan menghentikan sementara status keanggotaan PTMSI pada Senin (28/8/2023). 

Hal tersebut diputuskan melalui Rapat Komite Eksekutif NOC Indonesia pada 18 Agustus 2023 yang kemudian ditetapkan dalam Surat Keputusan Komite Eksekutif Nomor 30/NOC-INA/KE/2023 tentang Pemberhentian Sementara Keanggotaan PP PTMSI yang ditandatangani oleh Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, Rabu (23/8).