Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Pembalap muda asal Madiun, Jawa Timur, Mario Aji, tampil memukau pada hari pertama latihan bebas Moto3 Catalunya 2023.

Mario Aji bahkan mengungguli murid legenda MotoGP, Valentino Rossi, Romano Fenati, pada FP1 dan FP2 Moto3 yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Lap terbaik Mario Aji pada FP1 adalah 1 menit 49,374 detik. Catatan waktu tersebut mengungguli pembalap akademi VR46 asuhan Valentino Rossi, Romano Fenati.

Performa Mario Aji tersebut mendapat apresiasi dari manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama.

"Tiga pembalap kami mengalami awalan yang sangat baik. Dan secara signifikan, Mario, yang menunjukkan sebuah lap yang kuat," kata Hiroshi Aoyama.

"Dia meningkat pesat. Dia merasa senang dengan feelingnya, yang mana itu adalah hal yang positif," lanjutnya.

Mario Aji mengaku kepercayaan dirinya sangat tinggi ketika tampil di Sirkuit Catalunya.

"Pada FP1 kepercayaan diri saya relatif tinggi. Saya tetap percaya diri meski saya memutuskan untuk membandingkan pilihan ban satu dengan lainnya," ungkap pembalap 19 tahun itu.

Mario Aji finis di P16 dengan catatan waktu terbaiknya 1 menit 49,514. Ia sempat kurang nyaman dengan kondisi ban tapi akhirnya berhasil menemukan kecepatan terbaiknya.

"Di FP2 suhu aspal meningkat pesat, dan saya merasa kurang nyaman dengan kondisi ban," jelasnya.

"Namun, pada akhirnya saya berusaha sekuat tenaga dan dengan ban baru, saya menemukan kecepatan yang baik," kata Mario Aji menambahkan.