Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Posisi nomor 10 yang identik sebagai playmaker raib di sepak bola modern. Posisi tersebut dikenal sebagai pengatur serangan tim.

Posisi nomor 10 dalam sepak bola merujuk pada posisi di antara gelandang dan penyerang, atau biasa disebut playmaker yang bertugas mengatur serangan sebuah tim.

Posisi nomor 10 biasanya ditempati pemain yang punya visi dan kreatif. Tugasnya adalah menyuplai bola-bola magis ke lini depan yang memudahkan penyerang mencetak gol ke gawang lawan.

Sebelum memasuki era modern sepak bola seperti munculnya tiki-taka ala Barcelona atau gegenpressing ala Jurgen Klopp, posisi nomor 10 memegang peran sangat penting.

Beberapa nama yang identik dengan posisi nomor 10 atau playmaker di antaranya adalah, Zinedine Zidane, Roberto Baggio, Diego Maradona, Francesco Totti, Alessandro Del Piero, hingga Ronaldinho.

Banyak tim yang menggunakan formasi 4-3-1-2 atau 3-4-1-2 yang menempatkan satu pemain khusus di depan gelandang dan belakang penyerang. Tapi, belakangan formasi itu sudah musnah. Lebih banyak tim saat ini menggunakan formasi 4-4-2, 4-3-3, 3-5-2, dan 4-2-3-1.

Legenda Italia, Gianfranzo Zola, yang juga terkenal sebagai posisi nomor 10, menceritakan terkait posisi playmaker yang perlahan hilang.

"Itu adalah proses yang dimulai di akhir 90-an dengan sosok Arrigo Sachi. Bersama dia, lebih sedikit ruang yang diberikan untuk kreativitas dan lebih banyak ruang mengatur," ujar Zola, dikutip dari Football Italia.



Artikel terkait