Thursday, July 04, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Spanyol akhirnya mengambil sikap terkait skandal ciuman yang dilakukan Presiden RFEF, Luis Rubiales, terhadap Jenni Hermoso.

Skuad timnas Spanyol mengadakan konferensi pers pada Senin 4 September 2023 waktu setempat terkait sikap mereka terhadap Rubiales.

Dipimpin oleh sang kapten, Alvaro Morata, para pemain timnas Spanyol mengecam perilaku Rubiales yang mencium bibir Jenni Hermoso saat juara Piala Dunia Wanita 2023 di Australia.

"Pertama-tama, sekali lagi kami ingin menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat yang setulus-tulusnya kepada Timnas Wanita atas gelar Juara Dunia di Sydney," kata Morata membacakan pernyataan para pemain timnas Spanyol dikutip Marca.

"Sebuah tonggak sejarah sarat makna yang akan menandai masa sebelum dan sesudah dalam sepak bola wanita Spanyol, menginspirasi banyak wanita dengan kemenangan yang tak ternilai harganya."

"Oleh karena itu, kami ingin menyesali dan menyampaikan solidaritas kami kepada para pemain yang melihat kesuksesannya ternoda."

"Kami ingin menolak apa yang kami anggap sebagai perilaku yang tidak dapat diterima dari Tuan Rubiales, yang tidak memenuhi standar institusi yang diwakilinya."

Salah satu tuntuntan para pemain timnas Spanyol adalah menegakkan rasa hormat, inklusif, dan keberagaman di sepakbola Spanyol.

"Kami menempatkan diri kami dengan tegas dan jelas pada sisi nilai-nilai yang diwakili oleh olahraga. Sepak bola Spanyol harus menjadi mesin rasa hormat, inspirasi, inklusi, dan keberagaman serta harus memberikan contoh dalam perilakunya baik di dalam maupun di luar lapangan," kata Morata.