Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Marc Marquez resmi meninggalkan Honda pada akhir musim 2023. Nama Valentino Rossi ikut terseret.

Marquez akhirnya benar-benar akan meninggalkan Honda pada akhir musim MotoGP 2023. Kontrak pembalap asal Spanyol itu sebenarnya hingga 2024.

Tapi, buruknya penampilan Marquez sepanjang 2023 membuatnya ingin mengakhiri kontraknya lebih cepat. Kabarnya, dia ingin pindah ke tim pabrikan lain.

"Honda Racing Corporation dan Marc Marquez telah memilih untuk mengakhiri kontrak selama empat tahun sebelum waktunya pada akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023," bunyi pernyataan Honda, dikutip dari Crash.

[Baca Juga: Fix! Turki Mundur, 5 Negara Ini Tuan Rumah Piala Eropa 2028]

"Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kolaborasi mereka setelah selesainya musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023."

"Kedua belah pihak sepakat bahwa demi kepentingan terbaik mereka, masing-masing pihak akan mencari cara lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target mereka masing-masing," lanjut pernyataan Honda.

Dengan ini, maka Marquez menyudahi kerja sama dengan Honda selama 11 tahun. Pembalap yang identik dengan nomor 93 itu memenangkan enam titel juara dunia MotoGP selama kurun waktu tersebut.

Marquez meraih kemenangan debutnya di kelas utama dengan mengendarai Honda RC213V di Grand Prix Amerika di Austin, Texas pada tahun 2013.