Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Calon Presiden Ganjar Pranowo ternyata memiliki catatan yang buruk terkait dengan olahraga, terutama sepakbola.

Ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah 2018-2023, Ganjar pernah mengeluarkan statemen soal penolakan Israel di Piala Dunia U-20.

Ganjar ketika itu menyatakan, penolakan Timnas Israel ke Indonesia  tidak terlepas dari sikap politik luar negeri Indonesia dan mengkritisi sikap Israel soal Palestina.

"Itu kan keputusan politik luar negeri kita ya, jadi apa namanua, tinggal dilakukan lobi-lobi saja dan saya percaya PSSI bisa melakukan itu," kata Ganjar, Kamis, 30 Maret 2023.

Seperti diketahui, Indonesia sempat ditunjuk oleh FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-20. Seharusnya Piala Dunia U-20 digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Baca juga: Track Record Capres Bidang Olahraga: Anies 2, Ganjar 1

Indonesia sendiri saat itu sudah menyiapkan enam venue di enam kota. Salah satunya adalah Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Namun kemudian FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah setelah ada penolakan timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi FIFA, 29 Maret 2023.