Saturday, October 05, 2024

SportCorner.id - Ada sejumlah tim-tim eks juara UCL di 5 liga top Eropa yang hampir pasti absen di Liga Champions musim depan, salah satunya Juventus.

Seperti diberitakan, Juventus alami pengurangan poin karena terjerat kasus penggelembungan nilai transfer untuk meningkatkan keuntungan modal.

Pengurangan poin Juventus membuat posisi tim asal Turin itu melorot dari sebelumnya di posisi kedua menjadi ke posisi ketujuh alias di luar zona Liga Champions.

Anak asuh Max Allegri kini menduduki posisi ketujuh dengan 59 poin.

Terlepas dari upaya banding yang tengah diajukan, Juventus sebenarnya masih punya asa tampil di Liga Champions musim depan lewat jalur perjuangan di lapangan.

Poin Juventus tak mungkin lagi dikejar Monza yang duduk di posisi kedelapan dengan 52 poin.

Secara matematika Juventus masih bisa melewati poin AC Milan yang kini menduduki peringkat keempat dengan 64 poin.

Namun peluang Juve bisa dibilang nyaris tertutup karena harus mengharapkan tiga rivalnya gagal meraih poin maksimal. Ketiganya adalah AC Milan, Atalanta dan AS Roma.

Milan kini menduduki peringkat keempat dengan 64 poin. Posisi selanjutnya ada Atalanta dengan 61 poin, disusul Roma dengan 60 poin.

Dengan kondisi di atas, satu-satunya peluang Juventus tampil di Liga Champions di luar upaya banding pengadilan adalah memenangi 2 laga sisa sambil berharap Milan, Atalanta dan Roma selalu gagal menang di 2 laga.

Juventus tercatat pernah dua kali menjuarai Liga Champions, masing-masing pada musim 1984/1985 dan 1995/1996.