Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Athletic Bilbao merupakan klub unik asal Spanyol yang hanya membeli pemain dari wilayah mereka sendiri, Basque Country.

Athletic Club atau biasa disebut hanya dengan Athletic adalah sebuah tim sepak bola yang berbasis di Stadion San Mames, Bilbao.

Klub yang bermarkas di Bilbao ini berdiri sejak tahun 1898 oleh para pelaut Inggris dari Southampton yang menjadi inspirasi dari warna jersey Athletic Club.

Basque dan Catalunya merupakan dua negara otonom yang sudah lama ingin lepas dan merdeka dari wilayah Spanyol dengan menggunakan sepakbola sebagai salah satu alat untuk perjuangan mereka.

Ternyata menggunakan sepakbola sebagai alat untuk memperjuangkan kemerdekaan mereka dari Spanyol dapat dicapai melalui klub Barcelona dan Athletic Bilbao.

Melihat sejarah perjuangannya tersebut, aspek primordialisme dengan tradisi unik yang kental diprioritaskan oleh Basque melalui kebijakan klub sepakbolanya.

Athletic Bilbao tidak membolehkan orang-orang non-Basque untuk memperkuat mereka dengan diberlakukannya sebuah kebijakan bernama Cantera.

Telah diterapkan sejak 1912, nama Cantera yang tertera pada aturan ini merujuk pada wilayah geografis di mana klub tersebut berasal.

Hal ini mengarah pada salah satu kebijakan baru mereka dimana lulusan dari akademi sepakbola di Basque (termasuk pemain didikan Eibar, Alaves, dan Real Sociedad) dapat membela Athletic.

Melalui aturan tersebut, Athletic Bilbao menjadi klub yang memiliki keunikan lantaran keseluruhan pemainnya berasal dari Basque.