Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.Id - Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan untuk menambahkan break dance sebagai cabang olahraga, yang akan dipertandingkan pada Olimpiade Paris tahun 2024. 

Keputusan ini menandai perjalanan menakjubkan dari tarian urban yang berakar dari jalanan kota Bronx, New York, pada dekade 1970-an.

Pada awalnya, breaking dancing, lahir dari semangat kreativitas anak muda di Bronx yang membentuk kelompok untuk saling "berduel" dalam pertunjukan keterampilan mereka.

"Breaking dance battle" menjadi istilah yang merefleksikan kompetisi antar penari dengan gerakan kaki kompleks, top rock & go down, freeze, dan power move yang menjadi ciri khasnya.

Dengan meningkatnya popularitas break dance, penari putra dikenal sebagai B-Boys, dan penari putri dikenal sebagai B-Girls. 

Baca juga: Kekuatan Tidur, Pentingnya Tidur Malam untuk Kesehatan Optimal

Pada 2003, World Dance Sport Federation (WDSF) memperkenalkan break dance sebagai olahraga pertama kali dalam World Dance Sport Games di Taiwan.

WDSF memberikan pengakuan resmi terhadap keahlian dan semangat atlet di dunia break dance.

Kesuksesan break dance pada Summer Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, membuka jalan bagi IOC untuk mengakui potensi luar biasa cabang olahraga ini.