Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Meski kalah dari Jepang di laga terakhir fase grup Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024), timnas Indonesia tetap mengukir rekor baru berkat Sandy Walsh.

Satu gol hiburannya yang membuat skor akhir menjadi 3-1 di Althumama Stadium membuat Tim Garuda tidak pernah menjalani pertandingan di Qatar tanpa menjebol gawang lawan.

Di pertandingan pertama melawan Irak yang juga berkesudahan kalah 3-1, gol Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Gol tersebut juga punya makna besar karena Marselino hingga detik ini masih menjadi scorer termuda Piala Asia 2023 dengan usia 19 tahun.

Sementara itu melawan Vitema di matchday kedua Indonesia mampu menang tipis 1-0. Gol tunggal skuad asuhan Shin Tae-yong dicetak oleh kapten tim, Asnawi Mangkualam, via penalti.

Baca juga: Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia, Indonesia Berharap Mukjizat

Kemudian tentu saja ada lesakan dari Sandy Walsh ke gawang Jepang di matchday penutup. Meski belum tentu bisa mengantarkan Indonesia ke 16 besar seperti target semula, namun setidaknya tetap ada cacatan apik yang dibuatnya.

Piala Asia 2023 adalah Piala Asia kelima yang diikuti oleh timnas Indonesia. Sejauh ini prestasi Merah-Putih selalu mentok di fase grup saja namun ada yang berbeda di edisi terkini.