Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Joao Cancelo termasuk dari sedikit pesepakbola yang langka karena meraih dua medali juara di satu musim.

Cancelo menerima dua medali, yakni Premier League dan Bundesliga. Di awal musim, pemain asal Portugal itu bermain dengan Manchester City dan hengkang ke Bayern di paruh kedua musim.

Kebetulan dua klub yang diperkuat Cancelo musim ini sama-sama menjadi juara domestik. City merengkuh trofi ketiga Premier League secara beruntun, sementara  Bayern mencatatkan 11 gelar Bundesliga beruntun.

Berdasarkan peraturan Premier League, pemain berhak mendapat medali juara dengan catatan minimal bermain lima kali dalam sementara Cancelo mencatatkan 17 penampilan.

Pun demikian dengan Bayern. Cancelo mencatatkan 15 penampilan, satu gol, dan empat assist. Ini sudah cukup baginya mendapat medali juara Premier League dan Bundesliga.

Tapi, Cancelo bukan orang pertama yang mendapat dua medali di satu musim. David Beckham pernah merasakan hal serupa di musim 2012/13 ketika mendapat medali juara dengan PSG dan LA Galaxy. Kemudian, ada nama Daniel Amartey yang mendapat medali Liga Denmark bersama FC Copenhagen dan Premier League dengan Manchester City di musim 2015/16.

Sayangnya, masa depan Cancelo masih abu-abu. Kabarnya Bayern enggan memermanenkan statusnya sementara City ingin melepasnya.