Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Salah satu target timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 adalah tiket menuju Olimpiade 2024 Paris, Prancis.

Sudah lama sekali Tim Garuda tidak berpartisipasi dalam pesta terbesar olahraga dunia tersebut sehingga tidak heran jika ambisi lolos mereka genggam erat-erat.

Sejak edisi 1992 di Barcelona, Spanyol, cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade mengharuskan para pesertanya menggunakan tim U-23.

Timnas Indonesia sama sekali belum pernah lolos saat aturan tersebut diterapkan namun bukan berarti mereka tidak punya pengalaman ikut serta.

Merah-Putih sempat ikut satu Olimpiade pada 1956 di Melbourne, Australia menggantikan Vietnam Selatan yang mundur.

Baca juga: Rekor Apik Shin Tae-yong & Timnas Indonesia vs Negara Asia Tengah

Akhirnya timnas Indonesia bisa langsung menuju perempat final dimana mereka menghadapi Uni Soviet yang pada ronde sebelumnya menggebuk Jerman.

Saat itu sangara kita masih diperkuat nama-nama legendaris seperti Kwee Kiat Sek, Ramlan Yatim, Tan Ling Houw, Thio Him Tjiang, sampai Andi Ramang.

Hanya saja itu pun tidak cukup untuk bisa menandingi kebesaran Soviet yang bersama satelit-satelitnya pada masa tersebut menjadi raksasa sepakbola Eropa dan dunia.