Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Meski hanya mencapai semifinal namun timnas Indonesia sudah melebihi ekspektasi dan target di Piala Asia U-23 2024.

Terutama karena pintu lolos ke Olimpiade 2024 masih terbuka. Begitu juga dengan kesempatan menjadi juara ketiga apabila menang melawan Irak pada Kamis (2/5/2024) mendatang.

Tidak dipungkiri jika kehadiran para pemain keturunan alias diaspora membuat timnas Indonesia bisa melaju sejauh ini di Qatar.

Sosok-sosok seperti Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, juga Ivar Jenner mampu jadi tulang punggung Garuda Muda meski tetap saja ada suara sumbang mengenai pemanggilan mereka.

Mengingat sukses yang keempat pemain keturunan Belanda tersebut pamerkan di Piala Asia U-23 tahun ini, ada baiknya PSSI mempertimbangkan lagi untuk mencari bakat-bakat seperti mereka di luar negeri.

Baca juga: Pemain NEC Nijmegen Dleanu Arts Siap Bela Timnas Indonesia

Terutama di Belanda, masih banyak opsi yang menarik untuk dipanggil dan diberi paspor Indonesia dan baik Ivar, Rafael, Justin, serta Nathan tidak lagi bisa dipanggil untuk Piala Asia U-23 2026 karena alasan usia.

Masih ada waktu dua tahun sebelum ajang tersebut digelar di Arab Saudi. Setidaknya lima pemain ini harus PSSI pelajari prospek pemanggilannya.