Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Kabar mengejutkan datang dari Rifda Irfanaluthfi, atlet senam artistik Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Namun, kiprah pesenam berusia 26 tahun itu baru saja menjadi sorotan publik usai mengumumkan akhir kiprahnya di Olimpiade Paris 2024.

Kepastian tersebut didapatkan melalui unggahan story akun Instagram Rifda pada Minggu (28/7/2025) yang mengungkapkan bahwa ia mengalami cedera.

Diketahui, ia tampil dalam keadaan cedera saat tengah unjuk gigi di Bercy Arena, Paris. Rifda hanya dapat memainkan satu alat dari empat yang disediakan, yakni palang bertingkat.

Rifda tampil di Olimpiade dengan menahan rasa sakit dan harus dibantu oleh Eva Novalina, pelatihnya, untuk naik dan mendarat di palang bertingkat.

Baca Juga: [Dampak Mundurnya Atlet Bulutangkis di Olimpiade Paris Bagi Indonesia]

Cedera yang dialami Rifda terletak di bagian meniskus dan ACL (Anterior Cruciate Ligament). Padahal tiga hari jelang keberangkatan, kondisinya sempat membaik.

Sayang, ia kembali mengalami cedera saat menjalani sesi latihan kedua. Sebelumnya, setelah tampil di World Championship yang membuatnya lolos ke Paris 2024.

Sementara itu, Rifda belum sempat menyembuhkan cedera ACL yang dialaminya lewat operasi karena harus segera berangkat ke Paris. Hal tersebut mengakibatkan lututnya bengkak, tepatnya tiga pekan sebelum Olimpiade.