Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Jika mesin mobil tiba-tiba overheat saat berada di jalan memang sangat menegangkan. Namun jangan panik agar Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi hal itu. Overheat adalah masalah yang dapat diatasi jika Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Hentikan mobil sesegera mungkin
Segera cari tempat yang aman untuk berhenti lalu hidupkan lampu hazard. Bila mem memungkinkan, berhentilah di pinggir jalan yang datar dan jauh dari arus lalu lintas demi keselamatan.

Matikan mesin
Setelah mobil berhenti, matikan mesin segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut akibat pemuaian logam yang berlebihan, sekaligus memberi kesempatan mesin menjadi dingina secara alami.

Baca juga: 8 Manfaat Membawa Peralatan Lengkap di Kendaraan

Tunggu dingin
Diamkan mesin sekitar 15-30 menit agar mendingin. Buka kap mesin untuk membantu sirkulasi udara di kompartemen mesin agar mesin lebih cepat dingin. Gunakan pelindung tangan untuk mencegah cedera akibat panas.

Periksa reservoir radiator
Sambil menunggu mesin dingin, periksa tabung reservoir coolant radiator. Bila kering, mungkin ini pertanda bahwa overheat pada mesin hanya diakibatkan bekurangnya coolant radiator dan Anda lupa mengisinya. Anda bisa segera menambahkannya dengan cairan radiator (coolant) yang sesuai.