Monday, September 09, 2024

www.SportCorner.id - Setiap mobil baru pasti menggunakan radiator coolant untuk melengkapi cooling system kendaraan produksinya. Hal ini bisa dilihat pada tabung reservoir yang menggunakan cairan yang umumnya berwarna cerah, seperti kuning, hijau, merah muda, atau biru muda.

Ada pertanyaan, untuk apa menggunakan radiator coolant kalau dengan air biasa saja tetap berfungsi? Ternyata faktanya, cairan ini fungsinya tidak sesederhana yang dipikirkan. Oleh karena itu, simak penjelasan lengkap seputar radiator coolant.

Manfaat radiator coolant

- Mencegah overheating: Coolant membantu menjaga suhu mesin pada level yang optimal dengan menyerap panas mesin dan mengalirkan ke radiator untuk didinginkan.
- Mencegah pembekuan: Air memiliki sifat anomali, dimana ia akan memuai saat membeku. Di beberapa negara yang memiliki musim dingin yang ekstrem, seperti Swedia atau Alasaka, penggunaan air sangat berbahaya karena dapat membuat blok mesin pecah akibat pemuaian air. 
Radiator coolant memiliki formulasi yang dapat mencegah pembekuan sehingga tetap cair pada suhu rendah, untuk mencegah cairan pendinginc radiator membeku saat cuaca dingin.

Baca juga: Fitur-fitur Canggih di Sepedamotor yang Kurang Bermanfaat

- Mencegah korosi:  Radiator coolant juga mengandung bahan kimia yang melindungi komponen sistem pendinginan yang terbuat dari logam dari karat dan korosi.