Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Saat ini, sistem penggerak kendaraan yang umum digunakan ada dua jenis, penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) dan penggerak roda depan (front wheel drive/FWD).  

Masing-masing konfigurasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang mempengaruhi kemampuan, keamanan, dan kenyamanan berkendara. Berikut penjelasan tentang kelemahan dan kelebihan dari kedua sistem tersebut:

RWD

Umumnya, mobil dengan sistem penggerak RWD memiliki posisi mesin di depan. Hanya mobil-mobil tertentu yang memiliki konfigurasi penggerak roda belakang dengan posisi mesin di tengah atau di belakang.

KELEBIHAN RWD

1 Keseimbangan dan handling
Kendaraan RWD lebih mudah mendapatkan keseimbangan distribusi berat yang baik antara roda depan dan belakang dibandingkan mobil berpenggerak roda depan (FWD).
Dengan distribusi bobot yang seimbang membuat mobil memiliki kemampuan manuver dan stabilitas yang lebih baik, terutama pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu, sistem penggerak RWD umum digunakan pada mobil performa tinggi dan mobil balap.   
2. Keawetan
Mekanisme RWD membuat keausan komponen terbagi secara merata. Pasalnya, masing-masing sumbu roda memiliki peran terpisah. Sumbu depan bertugas mengendalikan arah kendaraan, sementara sumbu roda belakang bertugas menggerakkan/menjalankan kendaraan. 
3. Traksi lebih baik