Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk menjadikan Yeom Ki-hun salah satu asisten Shin Tae-yong.

Namanya mungkin masih terdengar asing di telinga publik sepakbola tanah air namun ia merupakan salah satu figur besar Korea Selatan dab berikut profilnya.

Yeom Ki-hun lahir pada 30 Maret 1983 di Daejeon, Korea Selatan, dan sepanjang kariernya sebagai pemain ia pernah memperkuat sejumlah rakasa negeri gingseng macam Ulsan, Jeonbuk, namun citranya jauh lebih melekat dengan Suwon Bluewings.

Suwon diperkuatnya dalam dua periode berbeda di 2010-2012 dan 2013-2024 sekaligus pensiun bersama mereka juga.

Dalam lebih dari satu dekade, Yeom mencatatkan 417 penampilan kompetitif dan mencetak 72 gol plus 106 assist.

Baca juga: Jalani Musim 'Hidup & Mati' di Blackpool, Elkan Baggott Banjir Support

Tidak heran jika kemudian pemilik 57 caps timnas Korea Selatan itu dipandang sebagai legenda besar Suwon meski prestasinya saat dipromosikan menjadi caretaker dan pelatih tetap jauh dari kata mengesankan.

Ya, Yeom pun sempat mengabdi pada Suwon sebagai juru taktik juga lansung setelah gantung sepatu namun justru mencederai sedikit legacy-nya bersama klub.

Di penghujung 2023 saat Suwon harus mengikuti playoff degradasi, meski cuma kalah dua kali dari tujuh laga namun mereka harus turun kasta sebagai juru kunci.