Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Memarkirkan mobil dalam jangka waktu lama di bawah terik matahari musim kemarau tentu membuat kabin sangat luar biasa tidak nyaman saat mau dikendarai. Berbagai cara dilakukan untuk mengusir panas dari dalam kabin sebelum dikendarai.

Sebagian pemilik mobil menggunakan cara yang kurang bijaksana, yaitu menyalakan mesin dan AC, lalu keluar untuk menunggu suhu dalam kabin turun ke tingkat yang lebih sejuk. Selain memakan waktu lama juga boros BBM.

Cara yang paling tepat adalah dengan langsung membuka seluruh jendela untuk mengusir udara panas baru kemudian menyalakan mesin dan AC untuk mempercepat suhu kabin turun ke tingkat yang bisa ditoleransi.

Baca juga: Teknik Berkendara Melewati Polisi Tidur dengan Nyaman dan Aman

Sambil tetap membuka jendela, jalankan kendaraan untuk mempercepat pertukaran udara panas yang tersisa dengan udara segar di luar kabin sebelum benar-benar Anda menutup semua jendela.

Selain suhu kabin lebih cepat sejuk, membuka jendela dapat menurunkan risiko ancaman kesehatan. Pasalnya, material plastik yang ada di dalam kabin dapat melepaskan senyawa yang tidak sehat ke udara saat terpapar panas tinggi.

Senyawa kimia yang terlepas dalam bentuk uap dan gas ini kemudian terakumulasi di dalam kabin mobil yang tertutup rapat, terlebih pada mobil baru.