Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Mengemudi membutuhkan konsentrasi penuh untuk menjaga laju dan arah kendaraan tetap aman dan nyaman bagi diri sendiri, penumpang dan pengguna kendaraan lain di jalan.

Berbagai hal dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Berikut beberapa contoh, sekaligus solusi untuk menghindari timbulnya gangguan konsentrasi:

Penggunaan ponsel

Penggunaan ponsel menempati urutan pertama dalam daftar, karena hal ini sebenarnya bisa dihindari sejak awal. Mulai dari mengirim pesan, menelepon, atau menggunakan aplikasi dapat mengalihkan perhatian dari jalan.

Solusi: Jangan gunakan ponsel saat mengemudi untuk melakukan hal di atas. Kalaupun terpaksa, berhentikan kendaraan di tempat yang aman. Untuk menerima panggilan telepon tetap aman, gunakan hands-free untuk meminimalkan gangguan.

Mengoperasikan perangkat GPS

Pada kondisi tertentu, kita tidak bisa menghindari penggunaan GPS. padahal, mengoperasikan GPS saat mengemudi juga dapat mengganggu konsentrasi dan berbahaya.

Solusi: Seting GPS sebelum Anda menjalankan mobil. Manfaatkan layar displai mobil Anda untuk memproyeksikan tampilan GPS ponsel (bila ada). Gunakan phone holder untuk menempatkan ponsel di posisi yang strategis di dasbor sehingga mudah digunakan dan dilihat.

Jika terpaksa harus mengubah rute GPS di tengah jalan, mintalah bantuan rekan di sebelah untuk mengoperasikan GPS, atau berhenti di tempat yang aman jika berkendara sendirian.