Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Lari 5K atau lima kilometer menjadi tolok ukur awal menekuni olahraga lari. Berikut panduan yang bisa dilakukan para pemula, agar bisa berlari menempuh jarak 5K secara efisien.

Berlari dengan jarak 5K adalah pondasi dasar bagi anda yang ingin menekuni olahraga tersebut. Namun, perlu ada dasar-dasar untuk melatih kekuatan tubuh terhadap beban latihan.

Dilansir dari Runners World, dasar-dasar itu bisa dimulai dengan serangkaian latihan interval lari-jalan. Artinya, mengkombinasikan olahraha berlari dan berjalan. 
Tujuannya agar secara bertahap durasi lari bisa ditambah hingga Anda dapat menyelesaikan jarak 5K penuh.

Baca Juga: [Pengertian-dan-Perbedaan-Lari-5-K-10-K-Half-Marathon-Ultramarathon]

Namun, mengapa ada interval lari-jalan? Nah, saat kita mulai berlari, tubuh kita butuh waktu untuk beradaptasi dengan tuntutan baru yang kita berikan dan terbiasa menyerap dampaknya.

Dengan menambahkan jeda jalan kaki yang pendek dan terstruktur ke dalam sesi, kita dapat secara bertahap meningkatkan volume lari dari waktu ke waktu dengan kecepatan yang aman.

Anda bisa melakukan interval lari-jalan tanpa perlu memaksakan diri. Misalnya, diawali dengan lari 1 menit, dilanjutkan dengan jalan 1 menit. Ulangi hal tersebut selama 10 kali.

Jika di lain hari, anda sudah merasa lebih kuat, tambah porsi latihan interval lari-jalan anda. Misalnya, dengan lari 2 menit dikombinasikan dengan jalan 4 menit. Ulangi hal itu selama 5 kali.