Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Banyak penyebab kebakaran yang terjadi pada kendaraan. Selain faktor internal, ada juga yang melibatkan faktor eksternal baik langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah musim kemarau.

Berikut adalah beberapa panduan, apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kendaraan.

Waspadai rumput kering

Musim kemarau membuat banyak tumbuhan rentan kering meranggas. Salah satunya adalah rumput-rumputan. Dalam kondisi sperti itu, rumput menjadi sangat mudah terbakar. Jangan parkir di atas rumput kering.

Baca juga: Perawatan Kendaraan yang Hanya Bikin Boros di Mata Mekanik

Pasalnya, panas mesin dan pipa exhaust knalpot yang bersentuhan dengan rumput dapat menyulut api. Pilihlah posisi parkir dari lokasi yang banyak terdapat rumput kering. Panas ekstrem juga dapat menyebabkan kebakaran rumput yang dapat menyebar ke mobil dan gedung-gedung.

Perawatan kendaraan yang buruk

Salah satu penyebab kebakaran mobil yang paling sering terjadi adalah buruknya perawatan kendaraan. Hal ini kerap terjadi pada mobil tua. Faktor pemakaian komponen yang sudah melewati batas usianya berpotensi menyebabkan kerusakan serta kebocoran cairan.