Sunday, September 29, 2024

www.SportCorner.id - Dalam berlalu lintas, kita harus mematuhi aturan dan rambu untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi sesama pengguna jalan. Aturan dan rambu dibuat untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Berikut lima faktor penting dalam berkendara untuk menekan risiko kecelakaan.

1. Hindari penggunaan gawai: Penggunaan gawai/ponsel di jalan bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga 2-8 kali lipat karena yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.

2. Patuhi peraturan lalu lintas: Ada 3 penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas:
- Menerobos lampu merah
- Berkendara melawan arus (contra flow)
- Melanggar rambu-rambu lalu lintas

3. Gunakan gear yang lengkap: Penggunaan gear dan perlindungan yang lengkap, seperti helm berstandar SNI, sabuk pengaman, hingga sepatu tertutup dapat menekan risiko cedera fatal ketika terjadi insiden di jalan raya.

4. Hindari berkendara di medan atau cuaca ekstrem: Cuaca ekstrem semakin sering melanda Indonesia. Untuk itu, penting untuk memilih medan yang aman, atau bila perlu menunda berkendara hingga cuaca membaik.

5. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan, 80% faktor kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh pecah ban. Hal ini terjadi karena masalah kekurangan tekanan angin ban.