Wednesday, October 16, 2024

www.SportCorner.id - Aki kendaraan adalah jantung sistem kelistrikan mobil yang menyediakan daya untuk menghidupkan mesin dan perangkat lain, termasuk lampu dan fitur keselamatan.

Oleh karena itu, penting memilih dan merawat aki dengan baik, terutama sekali bagi para traveler yang memodifikasi kendaraannya menjadi campervan.

Berikut ini, Alvin Liu dari mycampervan_id, John dan Riana dari Jajago Keliling Indonesia, dan Mimi Campervan Girl menekankan pentingnya memilih aki dengan daya start handal, umur pakai panjang, dan perawatan yang mudah.

Dalam konteks campervan, aki berfungsi untuk menyuplai listrik yang diperlukan untuk menyalakan mesin serta mengoperasikan peralatan elektronik, seperti lampu dan sistem audio.

Baca juga: Bosch Indonesia Kembangkan Jaringan Penjualan Aki Kendaraan

John dan Riana dari Jajago Keliling Indonesia mengatakan, "Aki yang digunakan di campervan harus mampu memberikan tenaga untuk charger aki dan menghantarkan daya dengan baik serta memiliki daya kejut tinggi.”

Menurut John menjelaskan, aki sangat krusial, karena banyaknya aksesoris dalam campervan yang menggunakan listrik seperti dashcam, CCTV, hingga fog lamp.

Kelistrikan campervan juga kerap melibatkan AC yang mengkonsumsi listrik hingga 500 watt selama 5-7 jam, termasuk saat mobil dalam keadaan berhenti.