SportCorner.id: Saat ini pabrikan mobil asal Tiongkok tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja BYD brand otomotif lokal yang namanya yang terus melejit di negeri asalnya, di mana merek-merek lokal terus meraih keunggulan dengan menawarkan produk-produk yang kompetitif dan sesuai dengan keinginan pembeli di Tiongkok.
Hal itulah yang membuat Toyota semakin berambisi untuk pasar Tiongkok dengan target memproduksi sebanyak 3 juta kendaraan setiap tahunnya di negara tersebut, sebagai upaya untuk merebut kembali pangsa pasar yang hilang akibat melonjaknya merek dalam negeri seperti BYD.
Dilansir Carcoops, secara tak langsung langkah yang dilakukan Toyota itu mencerminkan kekhawatirannya soal tantangan dan persaingan industri otomotif ke depan, di mana merek-merek lokal terus meraih keunggulan dengan menawarkan produk-produk yang kompetitif dan sesuai dengan keinginan pembeli di Tiongkok.
Menurut sumber orang dalam yang tidak ingin disebutkan namanya, Toyota berencana meningkatkan produksi secara signifikan di Tiongkok pada akhir dekade ini, meskipun belum ada target resmi yang ditetapkan. Jumlah ini merupakan peningkatan substansial dari 1,75 juta kendaraan yang diproduksi Toyota secara lokal tahun lalu dan peningkatan sebesar 63% dibandingkan 1,84 juta kendaraan yang diproduksi pada tahun 2022, yang merupakan rekor bagi perusahaan.
Sumber tersebut juga mengatakan jika Toyota telah memberi tahu beberapa pemasoknya tentang rencana peningkatan produksi. Selain itu, perusahaan juga akan melakukan pendeketan kepada perusahaan lokal di Tiongkok sebagai usaha patungan untuk meningkatkan efisiensi, termasuk berencana memberdayakan staf lokal untuk memimpin sebagian besar pembangunan.