Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Setelah menunggu hampir dua dekade, Timnas tenis Indonesia akhirnya kembali meraih supremasi tertinggi SEA Games pada nomor beregu putri.

Aldila Sutjiadi cs sukses mengamankan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Keberhasilan ini tak lepas dari munculnya “Generasi Emas” di sektor putri. Indonesia akhirnya kembali merasakan medali emas setelah terakhir diraih pada 18 tahun lalu, tepatnya 2005 silam.

Tentu, itu bukan waktu yang sebentar sejak Indonesia memperoleh medali emas di cabang olahraga tenis beregu putri. Beruntung, penantian itu berujung manis.

Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 dalam duel di Tennis Arena, National Morodok Stadium, Selasa 9 Mei 2023. Di nomor tunggal putri, Tim Indonesia diwakili Aldila Sutjiadi kalah dua set 6-7 (6-8) dan 3-6 saat menghadapi Anchisa Chanta.

Di partai kedua Priska Nugroho yang juga turun di nomor tunggal berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1  usai menang atas Lanlana Tararudee dengan skor akhir 3-6, 6-3, dan 6-3.

Merah Putih memastikan kemenangan usai ganda putri yang diperkuat Aldila Sutjiadi dan Jessy Rompies mengalahkan Luksika Kumkum dan Peangtarn Plipuech dua set langsung 6-3 dan 7-5 di laga pamungkas.

"Mendapatkan emas rasanya bangga banget, apalagi tim putri sudah lama tidak meraih emas. Yang jelas kemenangan ini buat Indonesia," kata Jessy Rompies dalam keterangan resmi NOC Indonesia.

Selanjutnya, timnas tenis menargetkan merebut kemenangan dari sektor individu. Setidaknya, Indonesia diharapkan bisa membawa pulang tiga medali emas dari tenis di SEA Games 2023.