Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Laju Timnas Putri U-19 di Piala AFF U-19 terhenti di semifinal usai kalah dari Thailand.

Berlaga di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Kamis 13 Juli 2023 malam WIB, Indonesia kalah telak 1-7.

Di menit-menit awal Indonesia sudah mendapat kartu merah yang diberikan kepada kiper Fani. Kartu merah tersebut membuat permainan tim Garuda Pertiwi berantakan.

Pelatih Rudy Eka Priyambada menyayangkan kepemimpinan wasit karena banyak keputusan yang merugikan.

"Pertandingan tadi, tiga menit kartu merah, tidak nikmat bermainnya, tidak nikmat juga ditonton. Lain kali kalau bisa AFF bisa tidak ambil wasit dari empat semifinalis, tadi wasit dari Vietnam, sekiranya banyak merugikan kita," ujarnya.

"Tapi itulah sepakbola ya, dan juga saya bilang ke pemain kiranya ya sudah kita lupakan hari ini, kita masih ada hari esok," katanya.

Rudy juga menyarankan penggunaan VAR yang bisa menjadi solusi di masa depan.

"VAR (Video Assistant Referee) mungkin menjadi salah satu solusi ya, mungkin bisa diperbaiki lagi kedepannya, dan juga lebih selektif lagi dalam penugasan wasitnya, sekiranya bisa netral, bukan dari empat semifinalis," ucapnya.

Unggul jumlah pemain, Thailand leluasa membombardir pertahanan Indonesia. Thawanrat Promthongmee membuka pesta gol Thailand di menit ke-15. Dia mencetak hattrick di laga ini, dengan dua golnya lagi di menit ke-31 dan 70'. Anaphon Amanpong mencetak dua gol (29', 47') dan dua gol dari masing-masing dari Chattaya Pratumkul (63') dan Natcha Kaewanta (88). Sementara gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Claudia Alexandra Scheunemann di menit ke-24.