Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Kabar baik datang dari timnas basket putri Indonesia yang baru saja memastikan langkah ke semifinal FIBA Womens Asia Cup 2023.

Kepastian itu diperoleh Indonesia usai menjadi pemuncak klasemen grup A. Tim Merah Putih sukses menyapu bersih tiga laga di babak grup.

Terbaru, Indonesia menaklukkan Iran dengan skor akhir 65-56 di pertandingan ketiga grup A, Selasa 15 Agustus 2023.

Kemenangan itu diraih oleh tim asuhan Marlina Hermawan dengan tidak mudah. Indonesia sempat tertinggal dari Iran di awal kuarter keempat.

Beruntung, Indonesia berhasil mendapatkan momentum untuk bangkit dan membalikkan keadaan sehingga bisa meraih kemenangan.

Salah satu sosok penting dalam pertandingan ini adalah Kimberley Pierre-Louis. Ia berhasil mencetak 26 poin dan menjadi yang tertinggi pada laga ini.

Sebelum bertemu Iran, Indonesia meraih dua kemenangan di babak grup. Kimberley dkk. menang 69-52 atas Mongolia dan 55-60 atas Malaysia.

Meski menyapu bersih dua kemenangan, timnas Indonesia masih punya satu kelemahan. Yaitu, konsistensi.

"Mereka kadang main masih nggak konsisten. Setelah leading, kebawa suasana agak santai. Ternyata tim lawan dapat angin, jadi situasi kebalik. Itu sering kami alami," kata asisten pelatih timnas basket putri July Wong.

"Kami sudah tahu tipe mereka, main cepat. Kami kontrol tempo, tidak kebawa mereka," tuturnya.

Setelah menang melawan Iran, Indonesia menjadi juara grup A dan otomatis lolos empat besar.