Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Nama wasit Hiroki Kasahara tengah jadi perbincangan usai kepemimpinannya yang kontroversial di laga final Piala AFF U23 2023, Sabtu (26/8/2023).

Salah satu orang yang mengkritik keras kepimimpinan Hiroki Kasahara di laga final Piala AFF U23 2023 adalah pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sepanjang laga, Shin Tae-yong memang sempat beberapa kali mengajukan protes keras pada sejumlah keputusan Hiroki Kasahara dan para asistennya.

Seperti pada menit ke-47 saat Shin Tae-yong menganggap pemain Vietnam melakukan handball saat berupaya menghalau tendangan Beckham Putra Nugraha.

Pada menit ke-109, hakim garis juga sempat menganggap Kelly Sroyer terkena offsiden saat menerima umpan dari Sananta.

Padahal, dari tayangan ulang tak terlihat Kelly terjebak offside.

Pada penghujung laga, Shin Tae-yong kembali melayangkan protes keras. Kali bahkan sampai membuatnya diganjar kartu kuning.

"Menurut saya, keputusan wasit sangat memalukan. Sebelumnya, saya telah mengatakan bahwa wasit bisa mengubah jalannya pertandingan," kata Shin Tae-yong seusai pertandingan.

"Kalian pasti bisa melihat kembali pertandingan ini dan saya serahkan penilaian kepada kalian," ujar pria asal Korea Selatan itu.

Dilangsungkan di Stadion Rayong Provincial di Thailand, laga final Piala AFF U23 yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam harus diakhiri dengan adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Pada adu penalti, Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor akhir 5-6.