Sunday, October 06, 2024

SportCorner.id - Novak Djokovic baru saja menahbiskan dirinya sebagai juara US Open 2023 usai mengalahkan Daniil Medvedev di final.

Keberhasilan menjuarai US Open 2023 membuat Novak Djokovic berhasil merebut tiga dari empat grand slam sepanjang tahun 2023.

Sebelum menjuarai US Open 2023, Novak Djokovic sudah menyabet gelar Australian Open pada Januari dan French Open pada Juni.

Satu-satunya grand slam yang gagal diraih Novak Djokovic di 2023 ini hanyalah Wimbledon. Pada final Juli lalu, ia kalah dari petenis muda Spanyol, Carlos Alcaraz.

Padahal, jika berhasil menjuarai Wimledon, maka Novak Djokovic berhasil menyapu bersih empat grand slam dalam satu tahun kalender.

Keberhasilan tersebut bisa membuatnya menyamai pencapaian Rod Laver, legenda tenis  asal Australia yang aktif di tenis pada era 60-an.

Rod Laver sampai saat ini masih tercatat jadi satu-satunya petenis yang mampu menjuarai empat grand slam dalam satu tahun kalender.

Baca juga: Real GOAT! Berikut Perbandingan Grand Slam Novak Djokovic dengan Serena, Nadal dan Federer

Ia melakukanya pada tahun 1962 dan tahun 1969. Hingga saat ini, rekor tersebut belum pernah disamai oleh petenis manapun, baik di sektor putra dan putri.

Djokovic sendiri pernah hampir dua kali menyamai pencapaian Rod Laver. Selain di 2023, ia juga pernah melakukannya pada 2021 lalu.