Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Olahraga adalah salah satu cara untuk menyehatkan sekaligus menghilangkan rasa stress. Namun olahraga juga harus dikakukan dengan baik dan benar, hal ini adalah untuk menghindari cedera.

Cedera memang sering terjadi ketika berolahraga apalagi yang cukup berat. Seperti, lari, sepakbola, ngym dan lain-lain.

Untuk menghindarin cedera saat berolahraga, tentu yang pertama dilakukan adalah pemanasan yang benar. Serta juga memastikan agar tubuh tidak kelelahan sebelum berolahraga.  

Salah satu cedera yang paling sering terjadi adalah terkilir. Jika mengalami kejadian tersebut sebaiknya kita jangan panik.

Pertolongan pertama bisa dilakukan jika kondisi cedera tidak terlalu parah. Jika cedera mengakibatkan pendarahan, patah tulang sebaikanya segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang lebih baik.

Jika cedera tergolong ringan maka lakukan dengan apa yang disebut RICE (Rest, Ice, Compression dan Elevation). Apa itu RICE? Simak keterangannya di bawah ini. 

Berikut pertolongan pertama saat mengalami cedera terkilir dikutip dari helodoc:

- Rest

Saat mengalami terkilir atau cedera ketika berolahraga sebaikanya segera hentikan kegiatan tersebut. Hal ini untuk mencegah kondisi lebih buruk. Berikan waktu istirahat 24-72 jam pada bagian yang mengalami cedera

- Ice

Lakukan perawatan di rumah dengan mengkompres dingin bagian yang terkilir. Kompres air dingin selama 20 menit setiap harinya.