Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Kelolosan timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 di tengah kemungkinan yang begitu kecil membuat hal ini disambut dengan suka cita.

Banyak yang tidak menyangka sejarah ini akan tercipta termasuk para pemain Tim Garuda dan pelatih Shin Tae-yong yang sebenarnya mungkin sudah bersiap angkat kaki dari Qatar.

Kepastian Indonesia sendiri untuk melaju ke 16 besar didapatkan usai Kirgistan menahan imbang Oman 1-1 pada hari pamungkas gelaran laga fase grup, Kamis (25/1/2024).

Hasil tersebut membuat Indonesia masih termasuk tim dengan peringkat ketiga terbaik dan akhirnya berhak menjadi salah satu dari 16 tim yang lanjut bersaing di fase gugur.

Sudah lima kali Indonesia ikut Piala Asia sejak 1996 namun baru di 2023 sukses melaju ke 16 besar ditorehkan. Tidak heran jika para pemain asuhan Shin Tae-yong sulit menyembunyikan kebahagiaan.

Baca juga: Rapor Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia & Thailand Pamer Kualitas!

Bisa dilihat dari bagaimana hebohnya para pemain meluapkan emosi serta berselebrasi ketika peluit panjang bertiup dari layar kaca nonton bareng laga Kirgistan vs Oman.

Serentak mereka langsung berteriak dan melompat-lompat di atas kasur hotel yang kemudian dilanjutkan dengan menyerbu kamar staf timnas dan pelatih termasuk Shin Tae-yong untuk melanjutkan pesta.