Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia harus mengakhiri perjalanan mereka di Piala Asia 2023 usai disingkirkan Australia pada babak 16 besar, Minggu (28/1/2024) malam.

4-0 jadi skor akhir duel kedua tim di Jassim bin Hamad Stadium, Qatar, dan hasil tersebut sekaligus mencatatkan rekor negatif baru untuk Tim Garuda di kancah Asia.

Kekalahan tersebut termasuk dalam daftar kekalahan dengan skor terbesar yang pernah Indonesia alami di putaran final Piala Asia yang mereka ikuti lima kali sejak 1996.

Australia 4-0 Indonesia di 2023 berbagi posisi di tempat kedua dengan China 4-0 Indonesia pada fase grup Piala Asia 2000 silam. Hasil terburuk juga dipegang oleh China yang menghajar Indonesia 0-5 di babak penyisihan grup Piala Asia 2004.

Meski demikian pembataian dari Australia tidak perlu disesali berlebihan karena gap level dengan The Socceroos memang sangat jauh.

Baca juga: Statistik Pertandingan Australia vs Indonesia, Garuda Terbantai

Jackson Irvine dan kolega datang ke Qatar sebagai salah satu favorit juara dan mereka menempati 30 besar peringkat FIFA dibanding Indonesia yang berada di tangga ke-149 dan termasuk sebagai negara terlemah Piala Asia 2023.

Australia juga sudah menjadi langganan wakil Asia di kancah Piala Dunia dengan deretan pemain-pemain yang berkarier di Eropa. Wajar jika mereka mampu menang besar kemarin.