Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia keluar sebagai juara turnamen AFC eAsian Cup 2023 pada Senin (5/2/2024) malam WIB usai mengalahkan Jepang 2-0 dalam best-of-three.

Prestasi ini disambut dengan gegap gempita oleh pecinta sepakbola tanah air. Meski 'hanya' olahraga virtual namun kebanggaan yang dibawakan Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahya tetab berarti besar.

Sejak pertandingan pertama duel Indonesia vs Jepang berlangsung sangat sengit. Terlihat jelas jika The Blue Samurai adalah lawan terbaik yang dihadapi sejauh ini di turnamen dan telah berkembang sejak match pertama di fase grup.

Jepang lebih banyak mendominasi membuat Indonesia hanya mampu melepas satu tembakan tepat sasaran saja namun tembakan itu juga yang membuat Merah-Putih unggul lebih dulu.

Keunggulan 1-0 bisa Indonesia pertahankan sampai injury time namun Jepang justru bisa menyamakan skor di detik-detik pamungkas sehingga laga berlajut ke extra time dan kemudian adu penalti.

Baca juga: Hasil Final eAsian Cup 2023: Gebuk Jepang, Timnas Indonesia Juara!

Indonesia di atas angin karena dua penendang pertama Jepang gagal namun kelengahan mereka membuat tos-tosan malah harus diselesaikan via sudden death. Beruntung kemenangan 3-2 mampu diamankan usai clutch play sebagai kiper.