Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - PBSI merilis daftar prestasi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo selama kariernya di bulutangkis.

Mantan ganda putra nomor satu dunia itu sudah resmi takkan bertanding lagi di dunia bulutangkis profesional.

Awalnya, Marcus memutuskan pensiun lebih dulu. Lalu, giliran Kevin yang kemarin menyatakan gantung raket.

Lewat postingan di media sosial, Kevin membeberkan alasannya pensiun dari dunia bulutangkis yang membesarkan namanya.

"Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini," tulis Kevin, Rabu (16/5/2024).

[Baca Juga: Terungkap! Alasan Kevin Sanjaya Pensiun Gara-Gara PBSI]

Ada beberapa penyebab di balik keputusannya pensiun. Selain karena Marcus Fernaldi Gideon sempat cedera dan akhirnya pensiun juga, alasan lain adalah setelah mengadakan pertemuan dengan PBSI.

Dari penjelasannya, Kevin tak puas hasil pertemuan dengan PBSI.

"Saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas," katanya.

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024."

"Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton," ujarnya.

[Baca Juga: Daftar "Dosa" Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna]

Kevin mengucapkan terima kasih kepada semua pecinta bulutangkis yang terus memberikan dukungan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini," ujarnya.

"Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah."

"Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya," pungkasnya.

Akun Instagram PBSI mengucapkan salam perpisahan pada ganda yang dijuluki The Minions tersebut.

[Baca Juga: Kevin Putuskan Mundur, Ini Jumlah Gelar The Minions]

"Kevin Sanjaya Sukamuljo memutuskan untuk pensiun dari pelatnas PBSI mengikuti jejak partnernya, Marcus Fernaldi Gideon," tulisnya, Jumat (7/5/2024).

"Terima kasih, atas keringat, dedikasi, dan perjuangan kalian yang tanpa henti mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kemenangan demi kemenangan kalian torehkan, mengukir sejarah emas bagi bulu tangkis Indonesia."

Deretan Prestasi/Gelar Juara Kevin/Marcus:

Tahun 2016

India Open