Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Purnawirawan Polri Irjen Royke Lumowa akan bersepeda melewati 47 negara dan finis di Paris, Prancis.

Aksi Royke Lumowa ini merupakan bagian dari kampanye pelestarian lingkungan dengan tajuk 'cycling anywhere to save the earth'.

Kampanye bersepeda itu dijadwalkan mulai pada 8 Juli 2023 hingga 26 Juli 2024. Sejumlah negara akan dilalui Royke Lumowa dalam kurun waktu satu tahun tersebut.

"Melalui cara bersepeda keliling dunia saya ingin mengampanyekan bahwa sepeda sangat penting digunakan karena ramah lingkungan," ujar Royke Lumowa melansir Antara.

"Selain itu bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang dapat memberikan kebugaran kepada tubuh," imbuhnya.

Selain kampanye pelestarian lingkungan, Royke Lumowa juga membawa misi merajut persahabatan antar negara dan promosi pariwisata Indonesia.

Royke Lumowa mengaku telah melakukan persiapan jelang kampanye bersepeda menuju ke Paris.

"Persiapan fisik saya hampir tiap hari bersepeda sejauh 50 km. Ini juga pengalaman pertama perjalanan jarak jauh dengan bersepeda ke Eropa," tuturnya.

"Saya membawa tiga sepeda untuk digunakan dalam kampanye ini. Tiga sepeda itu yaitu sepeda jenis road bike, sepeda gunung, dan sepeda jenis gravel," kata Royke menambahkan.

Usai finis pertama di Olimpiade Paris 2024, Royke Lumowa berencana untuk melanjutkan kampanye itu dengan menjelajahi benua Eropa hingga November 2024.