Thursday, July 04, 2024

www.SportCorner.id Mobil bertransmisi otomatis kian populer karena dianggap lebih praktis nyaman, terutama pada kondisi macet yang kerap terjadi di kota-kota besar. Meskipun praktis, kabel jumper aki tetap wajib dimiliki.

Pasalnya, mobil bertransmisi otomatis harus memiliki aki yang selalu prima, karena jika mogok akibat aki soak dan tidak kuat starter, solusinya tidak bisa dengan cara didorong.

Menurut Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, aki merupakan hal yang terbilang mudah dirawat namun sering luput dilakukan oleh pengguna.

Untuk merawat aki, selain pemeriksaan air aki, pengguna juga perlu menghidupkan kendaraan secara rutin agar daya aki tetap terisi.

Baca juga: Tips Putar Balik Mobil yang Benar dan Efisien

"Tapi ketika aki sudah 'soak' dan tidak lagi mampu menghidupkan mesin dan kelistrikan pada mobil, solusi yang paling tepat adalah dengan melakukan jumper aki, atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah,” jelas Boediarto.

Untuk itu Anda harus memiliki kabel khusus untuk jumper aki yang memiliki penampang besar, sesuai dengan arus listrik aki yang umumnya memiliki nilai amper besar.