Friday, October 18, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah hasil balapan MotoGP Jerman 2024 di sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2024), yang secara dramatis dimenangkan Francesco Bagnaia.

Jorge Martin yang memimpin di sebagian besar race harus terjatuh namun karenanya pula Marc Marquez dan Alex Marquez mampu podium bersama mengisi P2 serta P3.

Marc dan Alex tercatat jadi saudara kandung pertama yang bisa sama-sama naik podium di kelas premier dalam 27 tahun terakhir.

Rekor tersebut kali terakhir ditorehkan oleh Nobuatsu Aoki dan Takuma Aoki di Imola 1997 saat kakak beradik asal Jepang tersebut finis di belakang Mick Doohan.

Marc Marquez sendiri harus bersusah payah untuk mendapatkan podium kedua dan layak berbangga meski untuk kali pertama dalam kariernya di MotoGP gagal menjadi juara di Sachsenring.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Jerman 2024: Martin yang Tercepat, Marquez P6

The Baby Alien harus bertarung melawan cedera retak jari telunjuk kiri serta tubuh penuh lebam pasca cedera di sesi latihan pada Jumat (5/7/2024) lalu.

Ia juga harus memulai balapan dari posisi 13. Menunjukkan finis P6 yang didapatkan saat sprint race kemarin bukan kebetulan belaka dari Marquez.

Marquez bahkan nyaris mengalami insiden lagi saat motornya bersenggolan dengan Franco Morbidelli saat balapan menyisakan sembilan putaran saja dan kala itu posisi tiga besar sudah ia pegang.

Beralih kembali ke Jorge Martin, dapat dipastikan ia sangat menyesali kenapa harus terjatuh di lap 29 usai terlalu keras berusaha merebut posisi kedua yang sempat direbut Marquez abang.

Tidak cuma pulang dari Jerman tanpa poin saja, Martinator pun harus melihat Francesco Bagnaia panen rekor.

Baca juga: Hasil Race Moto2 Jerman di Sachsenring, Mario Aji Crash usai 22 Lap

Bagnaia dengan ini mencatatkan empat kemenangan beruntun di Sunday Race MotoGP 2024 dimulai sejak seri Catalonia lalu.

Rider Italia yang akrab disapa Pecco itu juga resmi jadi pembalap Ducati dengan kemenangan terbanyak di kelas MotoGP dengan 24 melewati 23 milik Casey Stoner.

Semakin manis karena Bagnaia pun kini menggusur Martin dari puncak klasemen sementara MotoGP.

222 poin Bagnaia melebihi 212 angka milik Martin dan situasi ini akan bertahan sampai MotoGP Inggris 2024 digelar pada awal Agustus mendatang.

Berikut ini adalah hasil selengkapnya MotoGP Jerman 2024 di sirkuit Sachsenring.

1. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo (GP24) 40m 40.063s