Hasil Studi: Cuaca Panas Bikin Jarak Tempuh EV Menyusut

Semakin tinggi suhu lingkungan, semakin berkurang jarak tempuh kendaraan listrik dari yang diiklankan produsen.

Share:
Menunggu Charging - FREEPIK
Otomotif
Menunggu Charging - FREEPIK

www.SportCorner.id - Hasil penelitian terbaru dari Recurrent menunjukkan, dari 7.500 kendaraan listrik, menemukan bahwa baterai kendaraan listrik dapat kehilangan 31% jarak tempuhnya dalam cuaca panas terik.

Saat suhu di luar panas terik, umumnya pemilik menggeber perangkat AC untuk mendinginkan kabin, dan hal itulah yang banyak mengonsumsi energi dari baterai tegangan tinggi.

Berikut data hasil studi Recurrent:
- Pada suhu 24°C kehilangan jarak 0%
- Pada suhu 27°C kehilangan jarak 2,8%
- Pada suhu 29°C kehilangan jarak 3,5%
- Pada suhu 32°C kehilangan jarak 5%
- Pada suhu 35°C kehilangan jarak 15%
- Pada suhu 38°C kehilangan jarak 31%

Baca juga: Bahaya Membawa Paket Es Krim di Kabin Mobil

Semakin besar selisih antara suhu lingkungan dan suhu kontrol AC, semakin banyak pula energi yang digunakan yang menyebabkan kehilangan jarak yang lebih besar dibandingkan dengan angka yang diiklankan.

Recurrent memberikan solusi terbaik untuk menghindari menyusutnya jarak tempuh, yaitu dengan cara membiarkan mobil terhubung ke pengisi daya rumah Anda dan untuk mendinginkan interior sebelum berangkat.

Dengan cara ini, kabin menjadi sejuk dan tidak menggunakan energi dari baterai, melainkan mengambil energi dari sumber listrik utama.


Baca Juga

Pertumbuhan baterai kendaraan listrik dan solusi penyimpanan energi ramah lingkungan. (Rubi)

Battery Show Indonesia Hadirkan Ekosistem Energi Berkelanjutan

Jetour memperluas jangkauan pasarnya hingga 67 negara. (Bagus)

Begini Strategi Bisnis Jetour Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Pameran kendaraan listrik tahunan PEVS 2025. (Dyandra)

PEVS 2025 Diharap Dorong Pertumbuhan Mobil Listrik Nasional

Diler Honda Naga Motor 2 Lombok Timur merupakan diler mobil Honda kedua di Pulau Lombok. (HPM)

HPM Resmikan Diler Mobil Honda di Lombok Timur

The All-Electric ID. Buzz. (Volkswagen)

ID. Buzz Dinobatkan Sebagai 2025 World Car Design of the Year

Jangan menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri pada mobil matic. (PD Insurance)

Ini Alasan Injak Rem Mobil Matic Harus Pakai Kaki Kanan

Ilustrasi. (Carole Nash)

Hal yang Harus Dilakukan saat Motor Ingin Berbelok

Cukup tekan tombol defogger embun dikaca langsung hilang. (Drive)

Fitur Defogger Mobil Usir Embun saat Musim Hujan