Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Pada kendaraan jebis apapun, selain sepeda, rem depan biasanya dibuat lebih kuat dibandingkan kemampuan rem belakang. Hal ini dapat dijabarkan berdasarkan ilmu fisika. Berikut adalah penjelasan mengapa rem depan memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan rem belakang:

Distribusi bobot kendaraan

Saat sebuah kendaraan berakselerasi, titik beban kendaraan akan bergeser ke bagian belakang yang menyebabkan bagian belakang kendaraan 'tertekan' dan bagian depan mendongak.

Baca juga: Lexus Menyadari Kenapa Mobil Produksinya Tidak Sebaik Merek Jerman

Sebaliknya, saat kendaraan direm membuat titik beban kendaraan bergeser ke roda depan sehingga meningkatkan tekanan pada roda depan, sementara bagian belakang kendaraan sedikit terangkat.

Karena tekanan pada roda depan meningkat akibat pengereman, rem depan harus lebih kuat untuk menangani beban tambahan dan memberikan daya pengereman yang efektif.

Keseimbangan pengereman

Rem depan yang lebih kuat membantu menjaga keseimbangan pengereman kendaraan. namun jika rem belakang dibuat terlalu kuat, dapat membuat roda belakang tergelincir, dan membuat mobil dapat berputar liar berbalik arah.