Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Sebagian besar para instruktur safety driving menyarankan untuk selalu fokus pada jalan saat mengemudi dan mengimbau untuk tidak melakukan aktivitas lain yang mengalihkan pandangan dari jalan di depan.

Namun tidak demikian dengan produsen mobil Volvo. Bahkan Volvo menciptakan sistem yang justru akan memberikan alarm peringatan jika pengemudi terlalu lama menatap jalan di depan. 
 
Teknologi keselamatan berkendara ini disematkan pada produk Volvo EX90 yang akan berbunyi jika Anda terlalu lama melihat jalan. Meskipun terdengar kontradiktif, Volvo telah melewati penelitian panjang hingga fitur ini tercipta.

Hal ini diungkap oleh Senior Manager di Volvo Advanced Driver Assistance System (ADAS) Elsa Eugensson. “Kami telah melakukan banyak penelitian di Volvo. Jadi jika Anda memiliki sekitar 80% fokus pada jalan, itu normal,” ungkap Eugensson.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Rem Depan Dibuat Lebih Kuat dari Rem Belakang

Namun jika pandangan pengemudi ke jalan di bawah 60%, kemungkinan pengemudi mengalami gangguan konsentrasi mengemudi, sehingga terlalu minim melihat jalan.