Friday, October 04, 2024

www.SportCorner.id - Beberapa waktu lalu, Korea Selatan (Korsel) dilanda kepanikan atas serangkaian insiden kebakaran mobil listrik di area parkir bawah tanah. Meskipun insiden ini sangat jarang terjadi, tetap saja membuat warga negeri ginseng itu menjadi galau.

Pasalnya, insiden kebakaran itu melibatkan brand ternama, alias bukan produsen mobil kaleng-kaleng, mulai dari  Mercedes-Benz EQE, Kia EV6, hingga Tesla Model X yang terbakar di area parkir basement.

Masalahnya lagi, kebanyakan warga Korsel tinggal di apartemen bertingkat di mana lahan parkirnya berada di bawah gedung. Kebakaran mobil listrik Mercedes pada Agustus lalu di basement menghanguskan 140 mobil di sekitarnya.

Baca juga: Kebakaran EV Mercedes Curi Perhatian Kementerian Transportasi Korsel

Meskipun insiden tidak menelan korban jiwa, lebih dari dua lusin orang harus di bawa ke rumah sakit akibat menghirup asap dan gas senyawa kimia yang diakibatkan oleh kebakaran baterai kendaraan listrik tersebut.

Kantor Berita Yonhap Korea melaporkan, Hyundai bersama Dinas Pemadam Kebakaran Nasional Korsel berencana mengembangkan robot kendaraan pemadam kebakaran yang dikendalikan dari jarak jauh mulai 2026 mendatang.