Cara Tepat Mengemudi Mobil dengan Tranmisi CVT Agar Lebih Awet

Mengemudi mobil dengan CVT mirip dengan transmisi otomatis biasa, tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar mesin dan transmisi awet.

Share:
Tuas transmisi CVT - ASTRA DAIHATSU
Otomotif
Tuas transmisi CVT - ASTRA DAIHATSU

www.SportCorner.id - Secara teori, mengemudikan mobil bertransmisi otomatis konvensional dengan transmisi otomatis jenis Continuous Variable Transmission (CVT) tidak ada bedanya. Cukup pindahkan tuas ke posisi D, tekan pedal gas dan mobil pun melaju.

Akan tetapi, dilihat dari desain dan konstruksinya, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat mengemudi dengan mobil CVT dan ini sangat serius.

Transmisi manual dan otomatis konvensional memiliki susunan tahapan gigi yang tetap menggunakan roda-roda bergerigi, sementara CVT tidak memiliki gigi. Sebagai gantinya, terdapat dua puli (pulley) yang 'diameternya' dapat berubah-ubah.

Baca juga: Tips Berkendara Aman bersama Sang Buah Hati dari Hyundai Gowa

Puli pertama terhubung ke mesin, sementara puli lainnya ke output shaft yang menuju ke roda. Kedua puli dihubungkan dengan sabuk baja. Kedua puli berputar dengan rasio putaran yang dapat berubah-ubah, tergantung kebutuhan.

Perubahan rasio dimungkinkan dengan cara mengubah lebar masing-masing puli yang memungkinkan ukuran diameter operasional keduanya juga dapat berubah-ubah secara kontinyu dan mulus..


Baca Juga

Ingin Liburan Akhir Tahun Naik Motor? Ini Tips yang Perlu Kamu Tahu

4 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Liburan

Daftar Mobil dan Motor Terbaik Pilihan Forwot 2024

Tips Cuci Mobil saat Musim Hujan, Cegah Kusam

Tiga Ruas Tol Ini Didiskon 10 Persen selama Libur Natal

H-7 Libur Natal, 152 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Chery Omoda E5 Meriahkan PLN Mobile EVenture 2024

Hino Garap Pasar Bus Besar di Kalimantan Timur